Sabtu, 30 September 2017

Tugas Softskill Ekonomi Bisnis



KOMUNIKASI DALAM NEGOSIASI BISNIS
Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan dengan tujuan tercapai kesepahaman bersama, sedangkan negosiasi adalah suatu kegiatan yang terencana apa yang harus dicapai, bagaimana, dan dengan pengorbanan apa.
Dalam lingkup dunia bisnis yang semakin mendunia tuntutan untuk sukses semakin kompleks dengan adanya bermacam-macam kultur yang harus bekerjasama. Hal yang sama berlaku dalam dunia bisnis, kesalahan dalam melakukan negosiasi sering membawa akibat fatal. Masa depan perusahaan, yang sudah dibangun bertahun-tahun bisa hancur dan beratakan, hanya gagal dalam melakukan negosiasi dengan pihak lain. Dalam berkomunikasi sering terganggu oleh percampuradukan antara fakta dan opini. Opini adalah hasil pengintergrasian pendapat berdsarkan diskusi yang dilakukan didalam masyarakat demokratis (Emory Bogardus). Agar dalam berkomunikasi lebih efektif dan mengena sasaran dalam negosiasi bisnis harus dilaksanakan dengan melalui beberapa tahap yakni:
  1. Fact-finding    .                                               3. Penyampaian.
  2. Planning/rencana.                                            4. Umpan balik.
5.  Evaluasi.
Negosiasi terjadi apabila diantara pihak-pihak yang secara terbuka bersedia mengemukakan gagasan-gagasannya. Tidak tertutup kemungkinan bahwa masing-masing pihak yang melakukan negosiasi memiliki Hidden Agenda. Yang dimaksud dengan Hidden Agenda adalah gagasan tersembunyi atau niat terselubung yang diungkapkan secara eksplisit dalam negosiasi akan tetapi merupakan hal yang sesungguhnya ingin dicapai oleh pihak yang bersangkutan. Bila diduga bahwa proses negosiasi terhambat kerana adanya hiden agenda dari salah satu maupun kedua belah pihak, lobying dapat dipilih untuk menggali hiden agenda yang ada sehingga proses negosiasi dapat dimulai kembali dari gagasan-gagasan yang lebih terbuka.

Sumber : Jurnal Komunikologi Vol. 1 No. 2, September 2004. 76. KOMUNIKASI DALAM NEGOSIASI BISNIS. Erman Anom. Dosen FIKOM Universitas INDONUSA Esa Unggul, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar